Saturday 3 May 2014

SAPI KAUR

Indonesia memiliki sumber plasma nutfah ternak terbaik diantara lain yaitu sapi bali, sapi aceh dan sapi madura, yang berkualitas bagus, yaitu sedikit lemak dan kenyal. Selain itu keunggulan sapi lokal adalah mampu beradaptasi dengan lingkungan iklim tropis dengan baik, yang menunjukkan performans pertumbuhan yang bagus dengan cekaman pakan kualitas rendah, ukuran tubuh relatif kecil sehingga sesuai dengan daya dukung lingkungan serta menunjukkan laju reproduksi yang sangat tinggi. 

Selain ketiga jenis sapi tersebut, ada jenis sapi di Bengkulu disebut dengan Sapi Kaur, sekarang sapi kaur ini dalam proses penelitian Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan Provinsi Bengkulu bekerjasama dengan Universitas Bengkulu. Selanjutnya akan diteliti tim di Dirjen Peternakan Kementerian Pertanian beserta para ahlinya. selain sapi kaur, direncanakan selanjutnya untuk penelitian Kerbau Binuang.

Jika penelitian menunjukan galur sapi kaur dapat ditetapkan sebagai galur murni, maka jenis plasma nufkah di Bengkulu akan bertambah dari sebelumnya.



No comments:

Post a Comment