Saturday 3 May 2014

ITIK TALANG BENIH

Itik Talang Benih
Plasma nutfah adalah substansi pembawa sifat keturunan yang dapat berupa  organ utuh atau bagian dari tumbuhan atau hewan serta mikroorganisme. Plasma nutfah merupakan kekayaan  alam yang sangat berharga bagi kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi untuk mendukung pembangunan nasional.

Perlu dilestarikan karena Indonesia merupakan salah satu negara yang kaya akan pusat asal (center of origin) berbagai jenis flora dan fauna. Posisi geografi Indonesia memberikan peluang bagi berkembangnya keanekaragaman plasma nutfah. Dengan kondisi seperti itu membawa konsekuensi kepada Indonesia untuk wajib mempertahankan keberadaan plasma nutfah sebagai sumber  keanekaragaman karena  memiliki arti penting dalam pemanfaatannya. Plasma nutfah merupakan materi penyedia sumberdaya genetis bagi berbagai karakter-karakter penting dan berguna. Upaya pengelolaan dan pemanfaatannya melibatkan berbagai kegiatan yang saling berkait dan berhubungan, mulai dari kegiatan eksplorasi, koleksi atau konservasi, karakterisasi hingga evaluasi. Dari kegiatan-kegiatan tersebut dihasilkan sekian banyak data yang bermanfaat bagi upaya pengelolaan maupun bagi calon pengguna yang berminat terhadap nilai guna dari plasma nutfah tersebut. Sementara itu, pemfaatan plasma nutfah untuk kegiatan pemuliaan akan menghasilkan generasi- generasi baru yang dapat diasumsikan sebagai plasma nutfah baru pula


salah satu plasma nutfah di Indonesia adalah Itik Talang Benih. Itik Talang Benih ini merupakan jenis itik yang berasal dari Desa Talang Benih Kecamatan Curup Kabupaten Rejang Lebong Provinsi Bengkulu. Itik talang benih sudah lama dipelihara dan berkembang di beberapa wilayah Provinsi Bengkulu. Itik ini dipelihara oleh masyarakat untuk produksi telur.

Untuk mengetahui karateristik dari Itik Talang Benih ini maka, sekitar tahun 2003 dilakukan suatu pengkajian oleh pihak-pihak yang terkait. Dari hasil pengkajian tersebut didapat dua karakter yakni karakter morfologis dan karakter genetis.

Ciri-ciri morfologis itik Talang Benih adalah sebagai berikut :
  • warna bulu umumnya merah tua (coklat) / bervariasi bertotol-totol coklat (rebuin/blorok) (75%), putih bersih, putih kekuning-kuningan (15%), abu-abu hitam atau campuran (10%) dan lainnya (5%)
  • tubuhnya langsing
  • leher pendek dan tidak terlalu tegak
  • kepala tidak terlalu besar
  • matanya jernih dan terletak kebahagian atas kepala 
  • itik-itik jantan warnanya cendrung lebih gelap
  • Berat badan dewasa antara 1,6 – 2,0 kg
  • produksi telur mencapai 70 – 75%, lama penetasan lebih kurang 28 hari
  • dewasa kelamin dicapai pada umur 6 – 7 bulan
  • Sangat beradaptasi dengan lingkungan yang basah 
  • serta mempunyai kepekaan terhadap lingkungan yang sangat tinggi. 
 Dari analisis polimorfisme genetik pada protein darah ternak itik Talang Benih Lokus Post Albunim (Pa) dapat dijadikan penciri karakteristik genetik dan status dari individu itik Talang Benih Curup Kabupaten Rejang Lebong dengan tingkat Variabilitas genetik masih rendah.

No comments:

Post a Comment